Wednesday, September 11, 2019

Hello World Java

Program hello world yang mengoutput profil dengan data yang di hard code
Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan BlueJ, untuk eclipse dan bluej relatif sama, jadi kalian tidak perlu khawatir, langsung saja.

a. BlueJ

1. Buat proyek baru

Untuk membuat program java kalian harus membuat project baru melalui project ==> new project ==> beri nama dan pilih lokasi. Di menu ini ada banyak pilihan yang bisa kalian coba seperti open project, open recent, dan lain-lain.

Contoh Program Java Berbasis Objek


2. Memulai membuat program

Karena java termasuk bahasa pemrograman berbasis objek maka kita harus membuat class untuk mengenkapsulasi method kita nantinya. Untuk membuat class kita pilih menu edit ==> new class ==> nama kelas dan jenis kelas. Untuk penjelasan tentang class di java akan kita ulas nanti, kita pilih class yang biasa. Setelah membuat class akan muncul di layar kotak kecil kuning yang menandakan uml, disini kita membuat dua class yaitu HelloWord dan Profil.

Contoh Program Java Berbasis Objek

Untuk bluej, setiap program yang telah selesai diketik harus di compile terlebih dahulu supaya tidak terjadi error untuk uml sendiri akan terdapat panah-panah dan garis yang akan menghubungkan dua kotak uml yang berarti class tersebut berkaitan.  Source code bisa kalian lihat dibawah ini.

Hello World menggunakan Objek
HelloWorld.java


Profile.java


Untuk menjalankan program yang sudah anda buat

Right click di HelloWorld.java click compile

Right click di HelloWorld.java, jalankan main function
 Click okay
 Tertampilkan hasil program

No comments:

Post a Comment